Tayangan laman minggu lalu

Sabtu, 29 Oktober 2011

Strategi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pelestarian Lingkungan


LINGKUNGAN
      Yang dimaksud sebagai lingkungan hidup adalah apa saja yang mempunyai kaitan dengan kehidupan pada umumnya dan kehidupan manusia khususnya. Oleh sebab itu , maka dunia hewan, tumbuhan dan zat-zat hidup yang dibutuhkan bagi kebutuhan hidup, termasuk di dalam pengertian lingkungan hidup
            Benda-benda di alam lingkungan kita dapat dibedakan menjadi dua komponen  utama yaitu abiotik dan biotik.

PENCEMARAN LINGKUNGAN
Pencemaran lingkungan pun bermacam-macam. Antara lain pencemaran udara, air, dan tanah. Apabila kita menghirup udara dalam-dalam, sekitar 90% dari udara yang kita isap adalah gas nitrogeb dan oksigen. Pada beberapa hasil penelitian dilaporkan bahwa di antara gas yang sangat sedikit kita isap saat bernafas diidentifikasikan sebagai gas pencemar. Walaupun air merupakan sumber daya alam yang dapat dipebarui tetapi air akan dapat dengan mudah terkontaminasi oleh aktivitas manusia. Air banyak digunakan oleh manusia untuk tujuan yang bermacam-macam sehingga dengan mudah dapat tercemar. 


KESADARAN MASYARAKAT
            Tujuan peningkatan kesadaran adalah, memasyarakatkan lingkungan hidup, jadi bukan sekadar menanamkan pengertian masyarakat terhadap permasalahannya saja. Tetapi terutama membangkitkan partisipasi untuk ikut memelihara kelestarian sumber  daya alam dan lingkungan hidup.
Yang diperlukan adalah masyarakat yang aktif mengawasi lingkungan hidup (termasuk kegiatan-kegiatan yang dapat mampengaruhinya), di samping menjaga lingkungan sendiri secara langsung. Peningkatan kesadaran yang menyangkut lingkungan hidup harus bepacu dengan waktu sebab perusakan-perusakan masih terus berlanjut dan meningkat.


       PERAN SERTA MASYARAKAT
            Kesadaran masyarakat mengenai masalah lingkungan sudah mulai tumbuh. Tetapi tingkat kesadaran yang ada belum cukup tinggi untuk mempengaruhi perilaku mereka ataupun untuk menjadai motivasi yang kuat yang dapat melahirkan tindakan yang nyata dalam usaha swadaya  perbaikan lingkungan hidup. Gerakan swadaya masyarakat dalam penanganan  masalah lingkungan hidup baik di aerah perkotaan maupun di pedesaan masih harus lebih di kembangkan lagi.

      STRATEGI MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT
            Telah diakui bahwa teknologi mempunyai manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Namun, kenyataan ini harus di bayar mahal  dengan ancaman kesehatan yang di sebabkan oleh pencemaran. Tragedi tentang kemajuan ilmu dan teknologi modern yang berasosiasi dengan kerusakan dan gangguan terhadap lingkungan hidup di negara maju sudah bukanmerupakn dongeng lagi, melainkan sudah merupakan kenyataan pedih yang terdokumentasikan.
            Maka dari itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan maka dibutuhakan beberapa strategi :
-          Studi Wilayah Di Sekolah
Baik dalam pendidikan formal maupun non-formal
           
            Pendidikan Formal
            Pendidikan formal pada tingkatan SD dan SL termasuk rencanauntuk jangka yang lebih panjang dan memerlukan perencana yang lebih matang. Meskipun masih terbatas, dewasa ini  telah berjalan sebuah proyek percobaan untuk menilai bahan-bahan ajaran mengenai lingkungan hidup pada kelas 4, 5 dan 6 yang dimasukkan ke dalam berbagai pelajaran agar tidak menambah beban murid dan guru. Percobaan ini sedang berlangsung pada 5 sekolah dan akan diperluas ke beberapa sekolah lain.
  Pendidikan Non- Formal
            Pendidikan non-formal merupakan suatu media penyebaran pengetahuan yang baik dalam jangka pendek mengingat tujuan dan sasarannya. Tujuan pendidikan non-formal adalah memberikan pengetahuan umum mengenai ilmu lingkungan.

-          Melalui Penyuluhan
1.      Buanglah sampah pada tempat yang telah tersedia.
2.      Usahakan saluran air, parit, selalu bersih dari sampah atau bahan-bahan yang dapat menutup aliran air, sehingga aliran air dapat lancar.
3.      Tanami pekarangan  rumah dengan tanaman bunga, sayur, pohon buah-buahan atau tanaman-tanaman yang ada manfaatnya untuk membantu membersihkan udara di sekitar rumah. Dengan demikian akan menjaga kesehatan badan

       - Pendidikan Lingkungan
            Pendidikan yang dimaksud disini adalah suatu usaha dan kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk mengembangkan kepribadian serta kemampuan baik di luar maupun di dalam sekolah yang berlangsung selama hidup manusia. Melalui pendidikan lingkungan di harapkan timbulnya kesadaran masyarakat akan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan akan semakin meningkat.
            Pendidikan lingkungan ini bertujuan untuk menarik perhatian terhadap pemikiran baru tentang masalah lingkungan hidup yang sedang kita hadapi, dan mencari alternatif pemecahannya sehingga kita dapat menentukan tujuan dan arah bagi masa depan sehingga lingkungan hidup itu bermanfaat

-          Aplikasi Dalam Masyarakat
            Karena penyampaian informasi serta pendidikan lingkungan di sekolah dan instansi-instansi lainnya belum cukup unutuk meningkatkan kesadaran mayarakat dalam pemeliharaan lingkungan tanpa di dukung dengan aplikasi atau sering juga disebut sebagai contoh. Maksud dari aplikasi disini adalah penerapan informasi-informasi ilmiah dalam perilaku setiap individu
            Dengan demikian secara tidak langsung masyarakat tergerak hatinya dan menyadari betapa pentingmya menjaga lingkungan serta mencontoh segala tindakan-tindakan yang benar berkaitan dengan pelestarian lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar